Nusa penida lagi naik daun, Pikuler. Destinasi pulau keren ini memang lagi hype banget jadi destinasi favorit turis. Pantai dan tebing karst nan sangat cantik menjadi daya tarik wisatawan ingin berkunjung kesana.

Nusa Penida menyajikan keindahan alam yang luar biasa. Disana banyak sekali hidden gem yang bisa dikunjungi. Apalagi Nusa Penida mudah dijangkau dari Bali. Jadi, sangat mungkin untuk mengeksplornya ala backpacker-an.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Endo Putra Zakirman (@endoputra17)

Mau ke Nusa Penida ala backpacker? Bisa banget donk. Pada tulisan ini, saya mau berbagi pengalaman saya backpacking-an ke Nusa Penida. Saya juga akan sharing terkait budget yang dikeluarkan. Siapa tahu bisa menjadi referensi ‘kan 😀

Tiket pesawat ke Denpasar

Berhubungan saya stay di Jakarta, jadi saya harus pesan tiket pesawat menuju Denpasar terlebih dahulu. Harga tiket yang saya dapatkan waktu itu adalah 573rb (tiket pesawat termurah waktu itu).

Kalau kamu ingin berhemat sedikit, kamu bisa menggunakan jalur darat, seperti naik kereta api. Naik kereta dari Stasiun Ps. Senen dengan tujuan Gubeng Surabaya, lanjut ke Stasiun Ketapang Banyuwangi. Sampai di Ketapang, kamu harus nyebrang naik kapal ke Gilimanuk, lalu dilanjutkan naik bus ke Denpasar. Kisaran biaya yang dihabiskan sedikit lebih murah, sekitar 250rb-an. Akan tetapi waktu banyak habis karena lamanya perjalanan (menurut pengalaman saya butuh waktu 26 jam untuk sampai ke Kota Denpasar).

Nyebrang ke Nusa Penida

Pelabuhan Pantai Sanur

Setelah sampai Denpasar, kamu bisa langsung menuju ke Pelabuhan Pantai Sanur. Disana kamu akan menemukan banyak sekali penyedia fastboat tujuan Nusa Penida dan Nusa Lembongan.

Kalau saya kemarin naik Maruti Expres. Harganya 150rb PP. Untuk cara pembelian tiket fastboat, kamu bisa beli on the spot atau bisa booking terlebih dahulu (082236176260 – Wayan).

Perjalanan yang ditempuh dari Pelabuhan Pantai Sanur ke Nusa Penida sekitar 40 – 50 menit. Sesampainya di pelabuhan Toyapakeh, bisa langsung sewa motor agar lebih mudah explore Nusa Penida. Harga sewa motor masih standar kok, berkisar Rp. 65.000,- / hari.

Nah, kalau saya sewa motornya booking duluan, serentak saat booking tiket fastboat (082236176260 – Wayan).

Hunting Penginapan di Nusa Penida

Penida Krusty Hill

Untuk penginapan, kembali ke preferensi masing-masing ya tergantung budget. Bisa hunting di traveloka dan tiket.com. Sebagai backpacker ngirit, kemarin saya memilih yang dekat dengan pelabuhan dengan menginap di Penida Krusty Hill. Semalamnya mulai 200rb.

Tiket masuk kawasan wisata

Diamond Beach, Nusa Penida

Inilah salah satu keunggulan wisata di Nusa Penida. Bisa dibilang masuk ke tempat wisatanya free, hanya saja dikenakan biaya parkir. Keren bukan!

– Kelingking Beach Rp. 5.000,-
– Diamond & Atuh Beach Rp. 5.000,-
– Rumah Pohon, Raja Lima, Pulau Seribu Rp. 5.000,-

Oh ya, untuk biaya makan masih standar kok, palingan mahal dikit pas dilokasi wsiatanya, sudah hal yang wajar sih 😀

Jadi gimana? Kapan nih main ke Nusa Penida? Thanks for reading. Semoga bermanfaat ya!

2 Comments

  1. Malica 13th Juni 2021 at 1:04 am

    Terhitung semua budget berapa pikuler? Kayaknya seru banget ke Nusa penida dengan budget backpacker

    Reply
  2. Zulfa Alya 15th Juni 2021 at 10:05 am

    Keren bingit. Indah dan murah. Kapan-kapan bisa ke sana nih

    Reply

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *