Hosting dan domain merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam membuat sebuah website. Tanpa adanya dua komponen tersebut, website yang telah Anda buat tidak akan berarti apa-apa. Website Anda tidak akan bisa dilihat oleh jutaan orang di dunia ini.

Hosting adalah sebuah layanan yang berguna untuk menyimpan semua data, file, dan gambar  pada website. Setiap hosting memiliki fitur-fitur yang berbeda, mulai dari besarnya jumlah penyimpanan, bandwidth yang disediakan, atau lainnya.

Lalu, bagaimana menentukan web hosting yang cocok untuk pemula? Yuk intip tipsnya dibawah ini!

Pilihlah hosting yang “pas” untuk Anda

Untuk memilih suatu Hosting, bukan hanya harga dan space nya saja yang perlu diperhatikan. Anda juga harus menyesuaikan dengan website yang ingin anda buat. Mulai dari jenis website yang Anda buat, pengunjung harian, akses loading, dll.

Misalnya Anda ingin membuat blog, dengan space hosting 750MB saya rasa cukup untuk pemula. Berbeda dengan membuat toko online, karena Anda mengupload produk ke website, maka Anda perlu memilih space hosting yang lebih besar.

Hosting yang Anda pilih dikatakan “pas” jika sesuai dengan website yang ingin Anda buat. Tidak lebih dan juga tidak kurang. Untuk apa Anda membeli hosting yang tidak dapat digunakan secara maksimal? 🙂

Perhatikan harga pertama dan perpanjangan Hosting

Pastikan Anda melakukan pengecekan harga paket hosting yang ingin Anda beli. Apakah harganya tetap sama atau jauh lebih mahal dengan harga perpanjangan.

Akan lebih menguntungkan jika Anda memilih hosting yang memberikan diskon yang cukup besar untuk pembelian pertama paket hosting.

Pastikan Kontrol Panel Hosting mudah digunakan

Kontrol panel merupakan sebuah tool yang dapat memudahkan Anda mengelola website pada akun hosting Anda. Mulai dari melakukan instalasi website sampai dengan melakukan maintenance website.

Salah satu control panel sederhana yang mudah digunakan bagi pemula adalah DirectAdmin Panel. Dengan kontrol panel ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan website Anda nantinya.

Layanan Support 24 jam

Web hosting yang bagus adalah web hosting yang menyediakan layanan support 24 jam. Hal ini akan berguna untuk mendapatkan bantuan ketika website Anda mengalami gangguan disaat yang tidak terduga. Dengan layanan support 24 jam, maka provider hosting siap membantu Anda.

Itulah beberapa tips cara memilih hosting untuk pemula. Dengan tips ini, semoga Anda dapat mengetahui hosting yang “pas” untuk website Anda. Ketahui dulu jenis apa jenis website yang ingin Anda buat, pilih hosting yang sesuai dengan website Anda, lalu cari fitur yang disediakan oleh provider hosting.

1 Comment

  1. Wulan Deli 7th Oktober 2020 at 12:47 pm

    Setelah baca ini saya jadi banyak tau tentang web hosting

    Reply

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *